Home » » Definisi Kanker Hati

Definisi Kanker Hati

Di Tulis Oleh Unknown Pada Rabu, 21 Agustus 2013 | 05.12

Kanker hati ( Hepatocellular Carcinoma /HCC) yaitu satu kanker yang timbul dari hati. Ia juga dikenal sebagai kanker hati primer atau hepatoma. Hati terbentuk dari tipe-tipe sel yang tidak sama ( perumpamaannya, pembuluh-pembuluh empedu, pembuluh-pembuluh darah, serta beberapa sel penyimpan lemak ). Bagaimanapun, beberapa sel hati ( hepatocytes ) membentuk hingga 80% dari jaringan hati. lantas, mayoritas dari kanker-kanker hati primer ( kian lebih 90 hingga 95% ) timbul dari beberapa sel hati serta biasa dinamakan Kanker Hepatoselular ( Hepatocellular Cancer ) atau Karsinoma ( Carcinoma ).
 
Saat pasien-pasien atau dokter-doter bicara perihal kanker hati, bagaimanapun, mereka kerapkali mengacu pada kanker yang sudah menyebar ke hati, yang sudah datang dari organ-organ lain ( seperti kolon/usus besar, lambung, pankreas, payudara, serta paru ). Lebih spesifik, jenis kanker hati ini dimaksud penyakit ( kanker ) hati metastatik atau kanker hati sekunder. Lantas, arti kanker hati sesungguhnya bisa mengacu pada kanker hati metastatik atau kanker hepatoselular. Subyek dari artikel ini yaitu hepatocellular carcinoma, yang dapat saya rujuk sebagai kanker hati.

Jangkauan Masalah Kanker Hati 

Kanker hati yaitu kanker kelima yang sangat umum didunia. Salah satu kanker yang mematikan, kanker hati dapat membunuh nyaris seluruh pasien-pasien yang menderitanya kurun waktu 1 tahun. Pada th. 1990, organisasi kesehatan dunia memperkirakan bahwa ada kurang lebih 430, 000 masalah-kasus baru dari kanker hati di semua dunia, serta satu jumlah yang sama dari pasien-pasien yang meninggal sebagai satu disebabkan dari penyakit ini. lebih kurang tiga per empat masalah-kasus kanker hati ditemukan di Asia Tenggara ( cChina, Hongkong, Taiwan, Korea, serta Jepang ). Kanker hati juga yaitu amat umum di Afrika Sub-Sahara ( Mozambique serta Afrika Selatan ).
 
Frekwensi kanker hati di Asia Tenggara serta Afrika Sub-Sahara yaitu semakin besar dari 20 masalah-kasus per 100, 000 populasi. Berlawanan dengannya, frekwensi kanker hati di Amerika Utara serta Eropa Barat yaitu tambah lebih rendah, kurang dari lima per 100, 000 populasi. Bagaimanapun, frekwensi kanker hati di antara pribumi alaska sepadan dengan yang bisa didapati pada asia tenggara. Lebih jauh, data paling akhir memberikan bahwa frekwensi kanker hati di amerika dengan keseluruhannya meningkat. Peningkatan ini dikarenakan terlebih oleh Hepatitis C kritis, satu infeksi hati yang mengakibatkan kanker hati.

Terimakasih Telah Membaca: Definisi Kanker Hati

0 komentar:

Posting Komentar